menyajikan berbagai tulisan tentang pengetahuan umum dan gaya hidup

cabang-cabang ilmu dakwah



1.       Pengertian epistemologi

    Dalam filsafat Epistemologi merupakan disiplin yang esensial setelah metafisika (ontologi) yang keduanya merupakan cabang filsafat. Epistemologi berasal dari bahasa Yunani yang merupakan gabungan antara episteme (pengetahuan) dan Logos (teori/ilmu) . Jadi Epistemologi adalah teori pengetahuan, dimana ia menyelidiki keaslian pengetahuan, mengukur struktur dan kevalidan pengetahuan. Epistemologi membahas apa dan bagaimana cara seseorang mendapatkan pengetahuan.
Epistemologi berperan sebagai opertor dalam mengkoordinasikan sistem berpikir, memberikan orientasi dan peta pemikiran dalam memahami dan melihat semua kenyataan yang ada. Sehingga sebuah kenyataan yang ada akan menjadi bagian dari pengetahuannya.

2.     Filsafat dakwah

Filsafat dakwah adalah filsafat khusus yang berkaitan dengan dakwah sebagai relasi dan aktualisasi imani manusia dengan agama Islam, Allah dan alam (lingkungan, dunia). Filsafat dakwah juga berarti ilmu pengetahuan yang mempelajari secara kritis dan mendalam tentang dakwah dan respon terhadap dakwah yang dilakukan oleh para dai atau mubaligh, sehingga orang yang didakwahi dapat menjadi manusia-manusia yang baik dalam arti beriman, berakhlak mulia seperti yang diajarkan oleh islam dan pada gilirannya dapat melakukan kerja pembangunan (islah), membangun kehidupan yang damai, harmonis dan sejahtera dalam rangka mewujudkan kerahmatan Allah di dunia.

3.  Sosiologi dakwah

Sosiologi Dakwah adalah Ilmu sosial yang mempelajari masyarakat dengan menggunakan metode – metode yang mencakup individu, keluarga, suku bangsa, negara, dan berbagai organisasi politik, ekonomi, sosial, supaya berlandaskan al-Quran dan As-sunnah untuk mewujudkan Islam sehingga terwujud khairul ummah (masyarakat madani).
4. Metodologi penelitian dakwah

Metodologi Dakwah adalah cara yang dilalui seorang da’i dalam menyampaikan pesan dakwah keislamannya, atau cara seorang da’i dalam penerapan pendekatan dakwah.
Pembagian Metodologi Dakwah.
Metode Al-Hikmah
Metode Mauidhah
Metode Mujadalah
5.  Managemen dakwah

Pengertian manajemen, secara etimologis, kata manajemen berasal dari bahasa inggris, management, yang berarti ketatalaksanaan, tata pimpinan dan pengelolaan. Artinya manajemen adalah sebagai suatu proses yang diterapkan oeh individu atau kelompok dalam upaya-upaya koordinasi dalam mencapai suatu tujuan.
Pengertian dakwah, secara etimologis, dakwah berasal dari bahasa Arab, yaitu da'a, yad'u' da'wan, du'a, yang diartikan sebagai upaya mengajak, menyeru, memanggil, seruan, permohonan, dan permintaan. Istilah ini sering diberi arti yang sama dengan istilah tabligh, amr ma'ruf nahyi munkar, mau'idzah hasanah, tabsyir, indzhar, washiyah, tarbiyah, ta'lim, dan khatbah.
 6. Psikologi dakwah

Psikologi dakwah ialah ilmu pengetahuan yang bertugas mempelajari atau membahas tentang segala gejala hidup kejiwaan manusia yang terlibat dalam proses kegiatan dakwah.  Psikologi dakwah juga diartikan sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang tingkah laku manusia yang merupakan cerminan hidup kejiwaannya untuk diajak kepada pengalaman ajaran-ajaran islam demi kesejahteraan hidup manusia di dunia dan di akhirat.





0 komentar:

Post a Comment

berkomentarlah dengan bijak dan sesuai topik

Previous Newer Post
cabang-cabang ilmu dakwah